
Namun, dari daftar yang dikeluarkan Gartner tersebut tidak semuanya
mengejutkan karena tidak semuanya tergolong aplikasi baru. Alasannya
karena, teknologi yang diadopsi belum dipakai secara luas serta
teknologinya masih mengalami pertumbuhan.
"Kami meramalkan
banyak pemakai yang akan menggunakan tidak lebih dari lima aplikasi
mobile saja. Namun, demikian, di masa depan aplikasi semakin maju
sehingga menjadikanya sebagai 'killer applications'," ungkap Sandy Shen, Direktur Riset Gartner, seperti yang dikutip dari keterangan resminya, Kamis (26/11/2009).
Dan berikut daftar lengkap 10 aplikasi mobile di masa depan versi Gartner:
1. Money Transfer: Ini merujuk kepada orang-orang yang mengirim uang melalui pesan SMS. Seperti pembayaran via mobile, layanan ini memiliki lebih banyak daya tarik dalam pasar berkembang untuk saat ini.
2. Layanan berbasis lokasi: Perangkat berbasis lokasi seperti Global Positioning System (GPS)
akan semakin populer di masa depan. Gartner mengatakan ini akan menjadi
salah satu teknologi yang paling berkembang di masa depan, dengan basis
pengguna yang tumbuh dari 96 juta pada 2009 menjadi 526 juta pada 2012.
3. Mesin Pencari: Mesin pencari di ponsel bukanlah hal yang baru, tetapi pada platform mobile,
hal itu mungkin mendapatkan peningkatan lagi. Gartner meramalkan bahwa
konsumen akan tergantung pada mesin pencari yang terkenal di desktop
seperti, Google, Yahoo, dan Bing yang akan diformat melalui ponsel.
4. Mobile Browsing: Gartner Mengatakan bahwa teknologi akses internet
selular akan banyak digunakan di masa depan dibandingkan suara. Tapi
dalam catatan Gartner, kemampuan browsing di ponsel hanya 60 persen. Pada 2013, angka itu akan naik menjadi 80 persen.
5. Mobile Health Monitoring: Teknologi terbaru yang masih butuh waktu
dalam mengembangkan pasar, pemantauan kesehatan secara mobile, menurut
Gartner, masih terlalu dini untuk menuju semakin matang.
6.
Pembayaran via Mobile: Seperti transfer via ponsel, pembayaran seperti
ini turut berkembang dengan perubahan yang lebih cepat. Namun, bahkan
sebagai layanan yang baru tumbuh, Gartner mengakui akan ada tantangan.
7. Near Field Communications (NFC): Fitur ini lebih populer di beberapa
negara Eropa dan pasar Asia ketimbang di Amerika Serikat, karena NFC
merupakan fitur standar pada banyak ponsel saat ini.
8. Mobile Advertising: Juga bukan hal baru namun tumbuh cepat, iklan di mobile adalah
salah satu cara yang paling penting untuk mencetak uang pada konten
ponsel. Total belanja iklan di mobile di tahun 2008 adalah USD530,2 juta
dan itu akan tumbuh hingga USD7,5 miliar pada tahun 2012.
9. Mobile Instant Messaging: Gartner mengatakan Instant Messaging mempunyai pasar yang kondusif hingga masa depan.
10. Mobile Music: Jika mempunyai iPhone, tentu menjadi hal yang biasa.
Namun, bagaimana dengan yang lain? Gartner mengatakan bahwa mulai
melihat model-model baru yang inovatif di bidang ini dan model bundling.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar